Event
1.Event adalah kejadian atau peristiwa yang dilakukan oleh user terhadap user interface menggunakan peralatan mouse dan keyboard
2.Setiap objek dapat dinotifikasi jika suatu event terjadi sehingga objek tersebut dapat memutuskan apa yang harus dilakukan untuk menanggapi (menangani) event tersebut (event handling)
3.Agar suatu objek dapat dinotifikasi tentang suatu
event, objek harus mendaftarkan diri sebagai event
listener ke sumber yg menghasilkan event, dan mengimplementasikan interface
listener yg sesuai
Proses Penanganan Event (Kejadian)
1. Komponen harus didaftarkan sebagai pendengar (listener)
dg menggunakan method addXXXListener()
JButton tombolSelesai = new JButton(“Selesai”); tombolSelesai.addActionListener(this);
2. Meng-implementasi interface listener atau meng-extends class adapter (bisa juga dengan membuat inner class)
1. class HelloGUI implements MouseListener{}
2. class HelloGUI extends MouseAdapter{} atau
class HelloGUI extends JFrame{ class handler
extends MouseAdapter{}}
3. Menuliskan code penangan event pada method handler MouseAdapter{
public void mouseClicked(MouseEvent e){
//code penangan kejadian
}
}
0 komentar:
Posting Komentar